salma anas
Buat para pecinta Bahasa Inggris niih (dan juga buat yang cinta tapi gak seberapa bisa, hehe. Dilarang tersinggung) . Cuma mau bagi2 info soal cara belajar bahasa Inggris yang baik dan guampang.
Dear readers yang suka banget sama English.. gampang banget caranya buat nguasain semuanya. Syaratnya: 1. Harus cinta Bhs.Inggris, 2. Harus cuinta sama Bhs.Inggris, 3. Harus cinta banget sama Bhs.Inggris :D *guyon titik

Nah.. kalo uda cinta pasti mau ngelakuin apa aja buat yang dicinta kaaan? To the point aja yaa..
Hal terpenting dari sebuah bahasa adalah KOSAKATA !! bahasa apapun yang kalian pelajari pasti bakal gampang nyambung kalo udah punya banyak kosakata. Sama halnya dengan bahasa Indonesia, aku pernah lo nanyain ponakanku yang usianya 3 tahun (baru bisa ngomong tapi udah ngerti apa yang diomongin orang2) “Dek.. kakak udah dibeliin laptop looh.. (sambil buka bungkus permen lollipop)” eh dia nangis minta sama mamanya buat dibeliin laptop yang di warung depan rumah tu, yang harganya 500 perak -,- maksudnya permen lollipop.
Hasshh.. jadi intinya belajar bahasa tanpa punya banyak kosakata itu percuma, gan.. diibaratkan kaya adek gua tuh yang 3 taon :p
Sekarang, gimana caranya nambah kosakata? Itu gampuang buanget rek.. dari sekian juta lagu barat masa gada satupun yang kalian suka? Ah, ga percaya. Pasti ada walopun satu.. iya kaan? J mulai dari lagu itu kalian bisa mengeksploitasi yang ada di dalamnya (woozzhh) dari mulei lirik, tenses, sampe makna dan amanat yang terkandung dalam lagu itu (hahaha, kaya cerpen aja deh). Apalagi kalo lagunya itu tersirat maknanya, contohnya banyak di lagu2nya Celine Dion sama Toni Braxton. wah.. menantang itu. Gapapa, tetep usaha cari artinya, kalo udah mentog ya ganti ke lagu lain gaaaan :3 . banyak juga kok lagu yang artinya simple dan easy listening. Lagian apa enaknya dengerin lagu tanpa tau artinya.. hambar banget kayanya -,- . coba aja search lyricsnya di Mbah Google, pasti ada. Barangkali makna lagu itu lagi cocok banget sama nasib kalian saat ini, soal di do’i (ciyeeeeeeeeh) ato soal cinta segitiga ato persahabatan, pengkhianatan, apalah. Banyak banget lagu yang bisa mewakilkan perasaan kalian :D. nanti setelah kalian dapet banyak kosakata dari lagu2 itu pasti secara alami kalian bisa tau (walopun sedikit *mengira-ngira) apa inti dari sebuah lagu, soalnya kosakata kalian udah pada bejibun di otak.
Ehm.. setelah lagu, naik level nih.. ke FILM. I’m pretty sure kalian pasti gak pernah GAK LIAT film barat. Banyak diputer di tipi2 gituu.. gapernah liat? NDESO ! :D . naah.. kalo film si enakan liat di computer ato laptop, kan ada subtitle bahasa Indonesia nya tuh, nanti lama2 kalian pasti bisa ngerti apa yang diomongin pemeran2nya tanpa lihat subtitle nya. Dicoba aja. Itu kalo kalian udah pada punya banyak kosakata lo yaaa.. J so don’t give up to enrich your vocabs.
Yang terakhir, jangan lupa setelah punya banyak kosakata itu harus diamalkan setiap hari. Karena kalo ga diamalkan dijamin bakal lupa -,- . aku suka loh ngomong (diskusi) sama diriku sendiri waktu aku lagi galau :D pake bahasa Inggris dong, biar galaunya rada gaya getoh, hahaha. Contoh waktu aku di jalan di sekolah aku ketemu sama si do’i tapi aku salah tingkah, aku biasanya ngomong sama diriku sendiri “awrrgh.. stupid ! why don’t you just say hi and smile?? └ (►◄)┘” dan aku jawab sendiri “haiishh WTF ! I didn’t even dare to see his face      ┐ (⌐,⌐)┌ “ dan aku jawab lagi “oh gosh.. but you gotta figure him out so you both mean to be   └ (ᴗ,ᴗ)┐ “ dan seterusnya sampek aku gak galau :D itu hanya satu contoh, kawan. Aku sudah mempraktekkan lumayan banyak vocab, hahaha. Try it yourself ;)
Good luck ᴖ.ᴖ
0 Responses

Post a Comment